Leaflet Artikel Referensi Pelatihan e-mail
BUKU
Button 1 Button 2 Button 3 Button 4



Kata Sambutan


Sesuai dengan amanat yang diberikan dalam harkat pendidikan ITB, pendidikan di ITB mencakup pendidikan keilmuan dan pengembangan kepribadian yang bermartabat yang menjunjung tinggi tata nilai luhur.

Diharapkan para lulusan akan menjadi ilmuwan yang cendekia yang akan menjadi panutan di tengah masyarakat dan memberikan sumbangan yang berarti dalam mewujudkan cita-cita masyarakat yaitu kehidupan yang sejahtera dan bermartabat.

Tujuan pendidikan di ITB ialah menghasilkan lulusan ITB yang mampu berkontribusi positif baik terhadap cita-cita masyarakat keilmuan, masyarakat keprofesian, maupun masyarakat umum.

Untuk itu, pendidikan yang diberikan harus memberikan penguasaan yang komprehensif disertai wawasan yang luas dan dilengkapi dengan kesadaran akan pemanfaatannya. Dengan demikian, para lulusannya memiliki kemampuan dan naluri pengembangan dan/atau penerapannya, baik secara mandiri maupun dengan bekerja sama, baik kerja sama dengan rekan seilmu maupun kerja sama antar disiplin.
Pendidikan pengembangan kepribadian termasuk menjunjung tinggi etika profesi dan memiliki etos kerja yang perlu diteladani. Pada umumnya lulusan ITB diharapkan mempunyai sikap yang dapat diteladani dalam kehidupan bermasyarakat dimanapun ia berada.

Mengingat keterbatasan waktu, pendidikan yang diberikan di ruang kuliah pada umumnya lebih difokuskan kepada kemampuan analitis (hard skills). Sedangkan pendidikan yang lebih bersifat kemampuan interaksi sosial (soft skills) dan pendidikan kepribadian harus dilakukan pada waktu dan kesempatan tersendiri. Oleh karena itu, penulisan buku-buku yang berkaitan dengan kepribadian dan soft skill dapat membantu pembelajaran di luar ruang kuliah.

Akhirnya saya mengucapkan selamat kepada penyusun buku ini dan berharap agar mahasiswa ITB dapat membaca, mengerti, menghayati dan menjalankan apa yang diuraikan dalam buku ini dengan baik.

Bandung, 14 Juli 2005
Wakil Rektor Senior Bidang Akademik ITB
Prof.Dr.lr. Adang Surahman M.Sc





Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Sejak Kuliah


Faktor apakah yang menentukan kesuksesan seseorang di dunianyata ? Indeks Prestasi nyaris 4 ? Wajah menarik ? Keberuntungan ? Calon mertua pengusaha terkenal ?.

Ternyata yang lebih penting dari semua itu adalah kemampuan interaksi sosial (Soft skills).

Situs ini akan membahasa mengenai berbagai kemampuan interaksi sosial diantaranya komunikasi, manajemen, waktu, kepemimpinan efektif, kerjasama tim, dan lain-lain

Simak pula pendapat sejumlah profesional mengenai soft skills ini .

Terima kasih atas kunjungan anda,     Anda Pengunjung ke :
free counter